Senin, 13 Agustus 2012

Rtorent,rasakan kenikmatan aplikasi berbasis text

rtorrent – torrent client berbasis teks

        Buat para penikmat film yang punya profesi tambahan sebagai “penjahat bandwidth” pasti sudah sangat familiar dengan torrent. Tadi setelah muter2 di google, akhirnya dapet juga aplikasi torrent berbasis teks yang dapat berjalan sebagai background. Jadi klo mau donwload torrent, tinggal remote server/komputer yang punya bandwidth kenceng tapi ‘nganggur’, jalankan aplikasi dan tunggu hasil “panen”.. klo udah, tinggal pindahin ke HD eksternal atau laptop deh… duh.. betapa senangnya hidup ini :-D
Nah, aplikasi itu adalah rtorrent. Klo kata wiki sih,

rTorrent is a text-based ncurses BitTorrent client written in C++, based on the libTorrent libraries for Unices (Rakshasa’s own, not the sourceforge libtorrent), with a focus on high performance and good code.
Aplikasi ini berjalan di *nix dan *BSD (buat pengguna windows, mendingan pake yg GUI aja :P ). Klo sudah pernah menggunakannya, baru deh terasa ‘high performance’ nya… bener-bener mantab nih program.
Karena sudah ada yang membuat tutorial cara menginstallnya dan biar ga mubazir, mendingan langsung aja baca cara install rtorrent -yang dibuat oleh Tutorial Ninjas. Atau untuk pengguna ubuntu/debian, installnya gampang banget, tinggal jalanin perintah
apt-get install rtorrent
Untungnya untuk menjalankannya, juga sudah ada yang membuat tutorialnya, use rtorrent like a pro, dibuat oleh K.Mandla (salah seorang moderator di Ubuntu Forums).
Agar download bisa berjalan sebagai background, anda harus menginstall screen. Buat pengguna ubuntu/debian, install dulu dengan perintah :
apt-get install screen
klo udah ada file torrentnya, tinggal jalanin aja deh :
chaidir@ach:~/.bt$ screen rtorrent file.torrent
rtorrent_main.jpg
klo mau dijalankan sebagai background, tekan Ctrl+A+D :
nah.. klo mo liat lagi tinggal jalankan perintah
chaidir@ach:~/.bt$ screen -r
Untuk lebih lengkapnya liat aja ditutorial ini ya – use rtorrent like a pro
rtorrent.jpg
Nah.. gampang kan… ga perlu cape2 nungguin… udeh tinggal aja. Klo bandwidthnya gede sih, gpp ditungguin.. :-D
Kerennya lagi, rtorrent bisa di schedule.. jadi klo mo donload malem, tinggal di config aja file rtorrent.conf nya..
psssttt… klo download tuh sebaiknya jangan jam kerja, kesian yang lain.. soalnya torrent tuh rakus bandwidth :P
mendingan jalaninnya pas weekend aja manfaatin bandwidth yang ‘nganggur’ :D
Happy norrent…. :)
*Duh… dah lama nih ga ngeblog lagi..  apa kabar dunia? karena dah kerja sebagai ‘kuli’, ane sekarang dapet kerjaan yang gak abis-abis.. fyuh.. sempet2in dah ni ngeblog… semoga berguna ye… ;)

Thx for:http://chaidir.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar