Sabtu, 21 Juli 2012

half-Duplex,full-Duplex dan Simplex

SIMPLEX, HALF-DUPLEX, DAN FULL DUPLEX

1.     SIMPLEX
Bentuk dalam sinyal Digital
 
                   Simplex merupakan metode cara penyampaian informasi 1 arah,dengan
cara server atau stasion mengirim sinyal dan radio atau alat lain merespon tanpa bisa balik menyampaikan informasi balik ke stasion tersebut.Transmisi simplex tidak digunakan dalam komunikasi jaringan karena node-node dalam jaringan pada umumnya membutuhkan komunikasi secara dua arah.
2.      HALF DUPLEX
Bentuk dalam sinyal Digital
                      Half duplex adalah salah satu bentuk komunikasi yang pengiriman sinyalnya secara bergantian dengan waktu yang berbeda. Bersifat one to one atau one to many. Kedua stasiun dapat melakukan transmisi tetapi hanya sekali dalam suatu waktu atau secara bergantian. Seorang pengguna tidak dapat bebicara dan mendengar (mengirim atau menerima informasi percakapan apabila lawan bicaranya sedang mengirim informasi atau berbicara. Contohnya: HT (Handytalky). 

3.      FULL DUPLEX

            Bentuk dalam sinyal Digital              
             Sinyal dikirim secara bersamaan dalam satu waktu. Contohnya: Telephone atau Handphone. Suatu sistem komunikasi dikatakan full duplex jika pada sistem komunikasi ini dapat mengirimkan data dalam dua arah pada waktu yang sama. Biasanya pada sistem ini memiliki dua kanal yang terpisah untuk setiap arahnya. Jaringan-jaringan komputer banyak  memanfaatkan metode pengiriman ini karena biayanya yang lebih murah.
BY http://www.iec-usa.com 
And
http://bagusprimayuda.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar