Kamis, 19 Juli 2012

Tipe jaringan komputer,kelebihan dan kekurangannya

Tipe jaringan menurut artikel2 yg gue cari di google sih ada Tipe yaitu :
-Client to server
-peer to peer
-Hybrid




Client to server
 

>>>Merupakan tipe jaringan  yg clientnya di atur oleh 1 atau lebih server.disini Client hanya bisa patuh pada server,dan semua yg di lakukan server itu harus di bawah hukum yg dibuat server.sederhananya,server merupakan raja yg harus di patuhi rakyat sebagai client.

Kelebihan dan kekurangan dari client server:

Kelebihan Kekurangan
1.Memberikan keamanan yg lebih baik ,sebab ada admin yg menjaga server.1.Membutuhkan software NOS(network Operation System)jika original,itu harganya sangat mahal.

2.Pengaturan jaringan yg lebih mudah jika jaringan jangkauannya besar dan clinet banyak karena administrator di pusatkan atau di sentralkan.2.Spect harus tinggi karna kecepatan performa acces di unggulkan disini
3 .Acces lebih kencang/tinggi karna server fokus hanya dengan menjadi workStation.3.Jika server rusak,client akan terkena dampaknya juga.





Peer to peer

>>merupakan Tipe jaringan yg unik menurut saya karna Server juga dapat menjadi Client,contoh mudahnya saja seperti kita bisa saling shering data,atau membuat server game dan teman-teman masuk ke server kita,berarti kita yg menjadi server,namun ketika teman yg menjadi server kita masuk ke dalam server itu,berarti kita menjadi client.
Peer to peer juga memiliki Kekurangan dan kelebihan seperti berikut:

Kelebihan Kekurangan
1.Pelaksanaan tidak terlalu mahal karna spek tidak membutuhkan spek yg tinggi1.Tidak cocok untuk menjadi server skala yg besar

2.Tidak membutuhkan SOftware NOS(network operation System2.Keamanan tidak cukup baik
3 .tidak membutuhkan admin yg handal3.managemen tidak baik atau tidak tertata.




Hybrid
>>Hybrid merupakan tipe jaringan hasil gabungan 2 tipe jaringan di atas,jadi Jaringan hybrid memiliki semua yang terdapat pada tiga tipe jaringan di atas. Ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.
Keuntungan jaringan hybrid adalah sama dengan keuntungan menggunakan jaringan berbasis server dan berbasis peer. Jaringan hybrid memiliki kekurangan seperti pada jaringan berbasis server.

sekian,and terima kasih dari Bgdikka
semoga membantu anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar